Usulkan Kalimalang Disulap Seperti Sungai Cheonggyecheon

Usulkan Kalimalang Disulap Seperti Sungai Cheonggyecheon
Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Sungai Kalimalang yang terbentang mulai dari Curug di Karawang, melalui Cikarang dan Kota Bekasi, hingga berujung di Jakarta Timur merupakan salah satu ikon Jawa Barat.

Karena itu, pengelolaan Kalimalang tidak bisa dilaksanakan secara parsial. Bentangan Kalimalang yang melalui beberapa kabupaten dan kota, bahkan lintas provinsi ini membutuhkan koordinasi yang komprehensif dari pemerintah terkait.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Siti Aisyah mengaku sudah menyampaikan usulan ke pemerintah berkali-kali sejak beberapa tahun yang lalu.

Namun, hingga saat ini belum ada gebrakan yang dianggap berarti dari pemerintah provinsi sehingga pelaksanaan di lapangan terkesan business as usual saja.

“Saya sudah beberapa kali menyampaikan secara resmi kepada pemerintah dalam berbagai kesempatan yang relevan. Sudah banyak contoh di dalam dan di luar negeri bagaimana sungai menjadi pusat kegiatan masyarakat yang menyenangkan dan bermanfaat bagi khalayak,” ujar anggota Fraksi Golkar ini.

Aisyah juga mengaku sangat terinspirasi dengan cara pemerintah Kota Seoul dalam menangani sungai Cheonggyecheon.

Seperti diketahui bersama sungai itu pada masa lalu merupakan ikon kemiskinan Kota Seoul di Korea Selatan.

Berkat kepiawaian walikota yang memiliki wawasan planologi akhirnya sungai tersebut bisa direvitalisasi tidak hanya sebagai saluran air tapi juga menjadi sentra ekonomi dan situs wisata bagi warga kota dan turis.

Revitalisasi sungai Kalimalang yang akan memberikan dampak positif di berbagai aspek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News