Usulkan Kantong Parkir Khusus Truk Kontainer

Usulkan Kantong Parkir Khusus Truk Kontainer
Usulkan Kantong Parkir Khusus Truk Kontainer

jpnn.com - JAKARTA SELATAN - Polda Metro Jaya ikut berpartisipasi dalam upaya mengurangi kemacetan lalu lintas di ibu kota. Salah satunya adalah menggulirkan usulan pembangunan sejumlah kantong parkir khusus truk kontainer.

Menurut Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombespol R. Nurhadi Yuwono, selama ini truk kontainer menjadi salah satu penyumbang kemacetan di jalan tol dan non-tol di ibu kota. Misalnya, truk kontainer yang menuju dan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dengan membangun kantong parkir khusus untuk truk kontainer di sejumlah pintu tol, hal itu bisa mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan tol.

"Nanti (kantong parkir) akan dibangun di Cikampek, Merak, dan sejumlah wilayah lainnya,'' jelas dia kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya seperti dikutip Jawa Pos edisi hari ini (4/1).

Pengaturan jam masuk truk kontainer, ungkap Nurhadi, akan didasarkan pada kepadatan lalu lintas di jalan tol yang dipantau lewat closed circuit television (CCTV). Alat tersebut akan terpasang di sejumlah ruas jalan tol. Jadi, petugas diharapkan mampu mengatur kapan truk kontainer masuk dan kapan tidak boleh masuk.

Selain itu, lanjut Nurhadi, kantong parkir untuk truk kontainer diharapkan bisa menekan angka kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar tersebut. Sopir juga bisa beristirahat. ''Para sopir bisa beristirahat 24 jam. Jadi, ketika kendaraan jalan lagi, sopir sudah dalam kondisi fit,'' tutur dia.

Untuk mewujudkan usulan itu, Polda Metro Jaya masih harus berkoordinasi dengan pihak terkait. Misalnya, Pemprov Banten, Pemprov Jawa Barat, dan pihak terkait lainnya. (agu/hen/dwi)

 


JAKARTA SELATAN - Polda Metro Jaya ikut berpartisipasi dalam upaya mengurangi kemacetan lalu lintas di ibu kota. Salah satunya adalah menggulirkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News