UTBK SBMPTN 2021: Ini Penyebab Lokasi Jakarta Penuh, LTMPT Kasih Solusi

UTBK SBMPTN 2021: Ini Penyebab Lokasi Jakarta Penuh, LTMPT Kasih Solusi
Ribuan peserta mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Balairung Pinang Masak Universitas Jambi (UNJA) Mendalo, Jambi, (9/6). Foto: Khaidir/Jambi Ekspres/JPNN.com Ilustrasi : Khaidir/Jambi Ekspres

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah masalah masih terjadi jelang penutupan pendaftaran ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau UTBK SBMPTN 2021 pada 1 April mendatang.

Di antara masalahnya ialah lokasi UTBK sudah penuh, sehingga banyak siswa tidak bisa mencetak kartu pendaftaran.

Penuhnya lokasi UTBK SBMPTN 2021 ini membuat para peserta harus mencari lokasi lain yang jauh dari tempat tinggalnya.

"Anak saya tidak bisa UTBK di Universitas Indonesia padahal lebih dekat dari rumah. Malah disarankan ke UTBK Bandung," ungkap salah satu orang tua yang enggan disebutkan namanya, Minggu (28/3).

Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ismaini Zain membenarkan bila lokasi UTBK di Jakarta sudah penuh termasuk di UI. Itu karena banyak peserta ingin tes di Jakarta.

Menurut Ismail, LTMPT sebenarnya sudah meminta agar peserta UTBK SBMPTN 2021 memilih lokasi ujian terdekat dengan domisili peserta untuk menghindari mobilitas antarkota dan provinsi.

LTMPT bahkan sudah mengingatkan bahwa risiko menjadi tanggung jawab peserta bila kesalahan pemilihan pusat UTBK menyebabkan mereka tidak diperbolehkan mengikuti UTBK SBMPTN 2021.

"Jadi pemilihan pusat UTBK tidak terkait dengan PTN yang menjadi tujuan," tegasnya.

LTMPT meminta peserta UTBK SBMPTN memilih lokasi ujian yang terdekat dan bukan sesuai PTN yang dipilih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News