Utut Adianto: Nilai Perdagangan Indonesia - Chile Surplus

Utut Adianto: Nilai Perdagangan Indonesia - Chile Surplus
Wakil Ketua DPR Utut Adianto bertemu Sekjen Kementerian Luar Negeri Chile di Santiago, Kamis (30/08/2018) waktu setempat. Foto: Humas DPR

jpnn.com, SANTIAGO - Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto menyampaikan bahwa Chile merupakan negara yang ekonominya termakmur di kawasan Amerika Latin.

"Kita pahami kalau dari sisi sumber daya alam, Chile tidak semelimpah negara-negara tetangga, namun Chile menjadi negara yang ekonominya termakmur di kawasan Amerika Latin," ungkap Utut saat bertemu dengan Sekjen Kementerian Luar Negeri Chile di Santiago, Kamis (30/08/2018) waktu setempat.

Lebih lanjut, Utut sampaikan bahwa pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Chile banyak hal yang dibahas terutama dalam rangka peningkatan kerja sama kedua negara dan tindak lanjut dari MoU-MoU yang belum terselesaikan.

"Dalam pertemuan ini yang penting ada tindak lanjut, kita memahami bahwa sebetulnya peluang antara kedua negara sangatlah banyak ini yang nanti akan kita coba dorong dengan mitra-mitra kita di parlemen dengan Kementerian Kementerian mulai dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kemenko Maritim, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan juga Kementerian Pariwisata," ungkapnya.

"Kita tahu bahwa, Chile merupakan negara yang memanjang bentuknya di sini ada Pegunungan Andes dan pegunungan lainnya. Mereka bisa mendapat penghasilan yang sangat besar dari pariwisata, tentu ada baiknya kita belajar dari mereka dan mereka juga membuka ruang untuk kerja sama yang lebih baik lagi. Kita sendiri menyatakan Indonesia sebenarnya pasarbBesar untuk investasi mereka," jelas Utut.

"Kalau dari nilai perdaganganya, kita saat ini sudah surplus, jadi surplusnya sudah diangka 60 juta USD, total perdagangan kedua negara mendekati 300 juta USD persisnya diangka 278 juta USD, sekarang yang perlu didorong lagi selain perdagangan yang sudah establish, potensi kerja sama kedua negara harus kita maksimalkan," jelasnya.

Indonesia merupakan negara penghasil Indomie terbesar dan juga penghasil makanan dan minuman yang tersedia setiap saat yang sebetulnya dibutuhkan. Utut mendorong agar KBRI di Chile bisa memfasilitasi akan potensi tersebut.

Sebagaimana diketahui bahwa, Pemerintah Indonesia dan Republik Chile telah menandatangani Kesepakatan Kerja Sama Ekonomi Komprehensif (CEPA) yang akan menghapuskan tarif bea masuk produk dalam negeri untuk 7.669 pos tarif atau hampir 90 persen dari seluruh pos tarif Chile.

Utut juga menyadari bahwa ada satu hal hambatan yang tidak mudah bagi kedua negara yaitu jarak antara kedua negara yang begitu jauh. Namun, Utut menegaskan bahwa Indonesia harus tetap memperluas pasar dan membuat diversifikasi patner di seluruh dunia. Jadi, kerja sama tidak bisa hanya dengan satu negara makin banyak berhubungan dengan negara lain itu akan semakin baik.

Chile merupakan negara yang memanjang bentuknya, ada Pegunungan Andes dan pegunungan lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News