UUM Teken Kerja Sama Beasiswa S3 untuk Dosen-dosen UIN

UUM Teken Kerja Sama Beasiswa S3 untuk Dosen-dosen UIN
Universiti Utara Malaysia (UUM) menandatangani MoA dengan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk S3 dosen di Jakarta, Selasa (18/7). Foto: Dok. Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Universiti Utara Malaysia (UUM) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan dua Universitas Islam Negeri (UIN), yakni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Penandatanganan itu disaksikan oleh Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia, Dato’ Seri Mohamed Khaled Nordin di Jakarta, Selasa (18/7).

Kerja sama tersebut ditujukan untuk program beasiswa S3 bagi dosen-dosen di UIN yang berada di bawah Kementerian Agama.

Wakil Rektor UUM Prof. Dr. Mohd Fo'ad Sakdan mengatakan, pemilihan UUM dalam kerja sama ini merupakan pengakuan UUM di kancah internasional dan kerja sama akademik.

"Mahasiswa yang memenuhi syarat akan melanjutkan studi dan mendapatkan pengalaman di tingkat internasional dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia holistik, mempersiapkan pemimpin, pendidik, dan profesional," kata Fo'ad Sakdan.

Fo'ad Sakdan menjelaskan, rombongan mahasiswa pertama yang disponsori kementerian lewat beasiswa ditargetkan mulai September 2023.

Menurutnya, pusat pendidikan dari UUM yang terlibat dalam kerja sama akademik ini adalah Pusat Pengajian Perniagaan Islam (IBS), Pusat Pengajian Teknologi Multimedia dan Komunikasi (SMMTC), dan Pusat Pengajian Pendidikan (SOE).

Dia menjelaskan kerja sama itu melengkapi 3 MoA serupa yang sebelumnya telah dilakukan UUM dengan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Mataram, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Universiti Utara Malaysia (UUM) menandatangani MoA dengan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk S3 dosen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News