Versi Hitung Cepat Pilkada Kaltim, Awang Faroek Unggul

Versi Hitung Cepat Pilkada Kaltim, Awang Faroek Unggul
Versi Hitung Cepat Pilkada Kaltim, Awang Faroek Unggul

jpnn.com - JAKARTA- Pasangan Gubernur Kaltim incumbent Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisjal HP untuk sementara unggul dalam peritungan cepat (quick count) hasil pemilukada Kaltim yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Indo Barometer.

Perhitungan LSI, Awang-Mukmin yang merupakan pasangan nomor urut 1 meraih suara 42,49%. Sementara saingannya pasangan nomor urut 2, Farid Wadjdy-Sofyan Alex mendapat suara 20,78%, dan terakhir pasangan Imdaad Hamid-Ipong (nomor urut 3) meraih 36,73% suara.

Hitung cepat yang dirilis Indo Barometer, Selasa (10/9) siang juga tak jauh berbeda. Awang-Mukmin unggul dibanding pasangan lain dengan jumlah suara 44,37%,  Farid Wadjdy-Sofyan Alex (21,84%) sementara Imdaad Hamid-Ipong sebanyak 33,8%. Dari catatan Indo Barometer, Awang-Mukmin yang didukung partai besar seperti Golkar, Demokrat, PKS, dan Hanura, unggul di ibukota provinsi Samarinda, Kabupaten Kutai Timur (KUtim) dan lima kabupaten kota yang tergabung dalam Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), yang dalam pencoblosan Selasa (10/9) masih tergabung ke Kaltim hingga tahun 2015.

Kemenangan Awang di Kutim bisa dimaklumi sebab dia merupakan mantan bupati di daerah kaya batubara tersebut. Sementara dukungan rakyat Kaltara diperoleh karena mantan anggota DPR RI itu dinilai berhasil meredam kerusuhan etnis yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sementera Imdaad unggul di Balikpapan, kota termaju di Kaltim yang sempat dipimpinnya selama dua periode. Pasangan Farid Wadjdy-Sofyan Alex kurang beruntung diduga karena tak mendapat dukungan dari PDIP yang mencalonkan Siswadi untuk menggantikan Sofyan Alek. Usulan PDIP tersebut ditolak KPU pusat karena telah lewat waktu perubahan pasangan calon. Penetapan pasangan terpilih akan dilakukan KPU Kaltim pada 19 September 2013. (pra/jpnn)


JAKARTA- Pasangan Gubernur Kaltim incumbent Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisjal HP untuk sementara unggul dalam peritungan cepat (quick count)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News