JPNN.com

Viar dan UPH Lakukan Riset Pemanfaatan Limbah Baterai Motor Listrik

Selasa, 10 September 2019 – 20:23 WIB Viar dan UPH Lakukan Riset Pemanfaatan Limbah Baterai Motor Listrik - JPNN.com
Pemanfaatan limbah baterai motor listrik. Foto: Viar

jpnn.com, JAKARTA - Viar Motor Indonesia menggandeng Universitas Pelita Harapan (UPH) untuk melakukan riset limbah baterai motor listrik.

Dalam penelitian tersebut, Viar menyediakan baterai Lithium-Ion (Li-Ion) yang telah digunakan di skuter listrik Viar Q1, yang sudah tidak dapat bekerja maksimal dan kemudian diteliti manfaat lain.

Kepala Program Studi Teknik Elektro Dr Henri P. Uranus mengatakan, baterai yang tidak lagi dapat digunakan sebagai sumber daya motor listrik, ternyata masih dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan menggunakan Solar Panel sebagai sumber energi pengisiannya.

“Dari penelitian yang sudah saya dan tim lakukan bahwa baterai yang sebelumnya telah digunakan untuk motor listrik masih sangat mumpuni untuk digunakan untuk lampu PJU, dan ini telah coba kami ukur di lab," ungkap Henri dalam keterangan tertulis, Selasa (10/9).

Dia menambahkan, baterai yang kapasitas jelajah motor listriknya tinggal 50 persen bahkan dapat digunakan hingga 1 minggu untuk lampu jalan 10W atau 4 hari untuk lampu 20W dari terisi penuh sampai dimatikan sistem proteksi BMS internal baterainya.

Sementara itu, Direktur Marketing Viar Motor Indonesia, Sutjipto menjelaskan bahwa kerja sama dengan UPH merupakan bentuk komitmen dari Viar Motor menjawab isu mengenai bagaimana dan mau diapakan baterai motor listrik setelah tidak dapat digunakan lagi.

“Dengan kerjas sama bersama UPH ini setidaknya membuktikan bahwa kami sangat serius untuk mengembangkan dan siap terjun di pasar kendaraan listrik. Kami tidak menutup kemungkinan untuk institusi pendidikan lain jika ada ide dan inovasi terkait dengan pengembangan kendaraan listrik khususnya motor listrik di Indonesia,” ujar Sutjipto. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...