Jumat, 22 September 2017 – 18:51 WIB

Video Air Mancur Menari Tjahaja Purnama Menjadi Viral, Faktanya?

Jumat, 04 Agustus 2017 – 05:49 WIB
Video Air Mancur Menari Tjahaja Purnama Menjadi Viral, Faktanya? - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Polarisasi dukungan saat pilgub DKI Jakarta rupanya belum usai. Sisa-sisa aromanya masih begitu terasa di media sosial.

Figur mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Poernama paling sering dijadikan bahan hoaks. Entah oleh para pendukungnya, atau oleh para pembencinya.

Salah satu di antaranya adalah informasi palsu terkait air mancur di Monas. Hoaks itu bermula dari posting video di Instagram oleh akun ahokdjarot_official.

Akun tersebut mem-posting sebuah video air mancur. Video itu seolah-olah hasil posting ulang dari akun Instagram lain, fg_ahok.

Dalam video itu, terdapat caption yang bunyinya, ”@Regrann from @fg_ahok - air mancur Monas menari ’Tjahaja Purnama’. Walau yang bikin dibui ’kegelapan’, tetapi karyanya tetap bercahaya #SALAMWARAS.’’

Meski tidak menyebut secara eksplisit bahwa air mancur di video itu karya Ahok, melalui keterangan yang menyertai video, orang bisa membacanya seperti itu. Kini video air mancur tersebut menjadi viral.

Beragam komentar disampaikan netizen. Ada yang memuja Ahok. Ada juga yang mengetahui bahwa air mancur dalam video tersebut bukan di Monas, tetapi di Malaysia.

Ya, video yang diunggah ahokdjarot_official itu memang berasal dari YouTube. Akun pengunggah yang asli bernama shantiekadayani. Akun itu merekam dancing water fountain show di KLCC Mall, Twin Tower, Kuala Lumpur, Malaysia.

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini