Video Hoaks Telur Palsu Laris Manis, Dilihat 36 Juta Manusia

Video Hoaks Telur Palsu Laris Manis, Dilihat 36 Juta Manusia
Video hoaks telur palsu. Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Hoaks mengenai telur palsu sudah meresahkan masyarakat dan tidak boleh dibiarkan terus menyebar.

Banyak pertanyaan ditujukan kepada tim Jawa Pos Clearing House of Information mengenai kebenaran video yang dikaitkan dengan keberadaan telur palsu di Jakarta.

Salah satunya, video yang menunjukkan dua perempuan sedang memproduksi benda seperti telur. Bentuk benda itu aneh. Seperti terbuat dari tepung kanji.

Eh, ternyata apa yang tergambar dari video itu adalah sebuah pembuatan slime berbentuk telur. Slime merupakan mainan yang banyak disukai anak-anak.

Bentuknya kenyal-kenyal seperti tepung kanji yang diberi air. Belakangan, slime juga banyak disukai orang dewasa. Sering dikaitkan berfungsi untuk melepaskan emosi.

Nah, dalam video yang beredar di Indonesia, proses produksi slime itu dikira pembuatan telur palsu di Tiongkok. Telur-telur tersebut diduga beredar di Indonesia.

Padahal, Anda bisa menemukan slime berbentuk telur itu dijual bebas di sejumlah marketplace lokal. Bentuknya sama persis dengan yang ada dalam video di atas.

Salah satu penyebar video pembuatan slime yang dikira pembuatan telur palsu itu ialah akun Facebook Albindost Lover’r. Hingga kemarin, posting-an tersebut telah disebar 51 ribu kali dan dilihat 36 juta orang.

Dalam video hoaks telur palsu itu ada dua perempuan memproduksi benda seperti telur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News