Vietnam Kewalahan Melawan COVID-19, Pertama Kali Kasus Harian Sampai Sebanyak Ini

Vietnam Kewalahan Melawan COVID-19, Pertama Kali Kasus Harian Sampai Sebanyak Ini
Petugas di Vietnam berjaga-jaga di masa social distancing beberapa waktu lalu. Foto: VNA/VNS Photo Danh Lam

jpnn.com, HANOI - Pemerintah Kota Hanoi memberlakukan pembatasan pergerakan masyarakat pada Kamis (8/7) untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 setelah Ibu kota Vietnam itu mencatat kenaikan kasus, terutama di pusat bisnis bagian selatan.

Pemerintah kota menghentikan sementara transportasi publik dari dan ke 14 provinsi yang terdampak pandemi. Mereka juga meminta warga untuk tinggal di rumah dan hanya keluar jika ada keperluan mendesak.

"Jumlah orang yang bepergian ke ibu kota sangat tinggi, dengan potensi ancaman penyebaran virus ke masyarakat," kata pemerintah.

Sejak April lalu, Vietnam berusaha menahan wabah yang menimpa pabrik-pabrik di sejumlah provinsi bagian utara tapi menyebar lebih cepat di selatan, termasuk di Ho Chi Minh City yang berjarak 1.100 kilometer lebih dari Hanoi.

Kasus baru COVID-19 di negara itu untuk pertama kalinya melewati angka 1.000 pada Senin dan mencetak rekor 1.314 kasus pada Kamis.

Kekhawatiran terhadap penyebaran virus meningkat di Vietnam yang selama ini dianggap sukses menangani pandemi itu.

Ho Chi Minh City mengumumkan pembatasan ketat dalam pergerakan dan pertemuan sosial masyarakat selama 15 hari mulai Jumat dan menghentikan sementara puluhan penerbangan harian.

Langkah serupa juga diterapkan oleh provinsi industri Dong Nai.

Sejak April lalu, Vietnam berusaha menahan wabah yang menimpa pabrik-pabrik di sejumlah provinsi bagian utara tapi menyebar lebih cepat di selatan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News