'Visibility Nol, Artinya itu Sangat Buram'

'Visibility Nol, Artinya itu Sangat Buram'
Penyelam saat mempersiapkan peralatan. Foto: Jawa Pos/dok.JPNN

jpnn.com, PANGKALAN BUN - Pencarian bangkai AirAsia QZ8501 di bawah laut yang dilaporkan ke Pangkalan Bun masih belum menunjukkan hasil signifikan. Cuaca di sekitar Kotawaringin Barat sepanjang hari kemarin belum bersahabat. Hujan turun merata sejak siang hingga menjelang malam.

Jawa Pos sempat memantau kondisi perairan di sekitar Pelabuhan Teluk Kumai. Saat hujan, pandangan memang hanya beberapa meter.

Direktur Operasional dan Pelatihan Basarnas Marsekal Pertama TNI S.B. Supriyadi menyebutkan, hasil operasi bawah air masih sebatas slide scan. ”Ada sejumlah titik yang memang ditengarai ada bagian pesawat, namun masih perlu pembuktian,” ujarnya kemarin.

Menurut Supriyadi, operasi bawah air yang dilakukan sejumlah alat masih terganggu cuaca. Kecepatan angin, gelombang tinggi, dan hujan yang merata membuat pandangan di bawah air masih buram.

Para penyelam yang mencoba mendeteksi dugaan bagian pesawat dari perekaman alat pun mendapat hasil nihil. ”Visibility nol, artinya itu sangat buram,” jelas Supriyadi.

Para penyelam pun akhirnya kembali ke kapal dengan tangan hampa. Demikian juga peranti-peranti negara sahabat seperti Rusia maupun Singapura, masih belum menunjukkan hasil positif.

Dari sejumlah serpihan pesawat, sejauh ini tim di lapangan menduganya sebagai badan pesawat yang patah. Artinya, bagian depan dan ekor sudah terpisah.

Nah, dengan kondisi seperti itu, pencarian bawah air lebih difokuskan pada bagian ekor yang terdapat black box.

Pencarian bangkai AirAsia QZ8501 di bawah laut yang dilaporkan ke Pangkalan Bun masih belum menunjukkan hasil signifikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News