VW Produksi Mobil Gas 2017

VW Produksi Mobil Gas 2017
VW Produksi Mobil Gas 2017

jpnn.com - JAKARTA - Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen sudah menyampaikan niatnya untuk memperluas pabrik di Cikarang Jawa Barat mulai 2015 hingga 2017. Diperkirakan VW akan memproduksi mobil murah berbahan bakar CNG (compressed natural gas) yang teririt di dunia, Eco Up.

"VW ingin membangun produk-produk berorientasi ‘green car’ atau ramah lingkungan untuk memenuhi standar emisi gas buang Euro 4. Jadi kemungkinan produksi mobil VW disini nanti menggunakan bahan bakar CNG (compressed natural gas). Mereka mengaku sudah punya teknologinya," ujar Plt Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Panggah Susanto kemarin (3/11).

Rencananya, VW bakal menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi untuk kawasan Asia Tenggara. Bahkan, VW akan memindahkan pusat produksinya yang saat ini ada di Malaysia ke Indonesia. Ditargetkan, awal tahun 2015 mendatang pembangunan pabrik tersebut sudah dapat dimulai.

"Pemerintah sangat mendukung adanya rencana investasi tersebut, apalagi yang dibangun itu mobil ramah lingkungan," ungkapnya.

Panggah mengatakan, ‎Menteri Perindustrian Saleh Husin bersama jajarannya sudah bertemu dengan pihak direksi VW membicarakan hal itu. Pemerintah berjanji akan mengawal investasi itu hingga terealisasi dengan baik serta menyiapkan infrastruktur yang memadai bagi mobil berbahan bakar gas.

"Kita terus dorong bahan bakar CNG dan Euro 4 itu bisa cepat terealisasi. Ini masukan yang baik bagi pemerintahan yang baru ini," kata Panggah.

Direktur Industri Alat Transportasi Kementerian Perindustrian Soerjono menambahkan pengalihan investasi produsen asal Jerman tersebut dari Malaysia ke Indonesia sangat wajar, lantaran pasar di Malaysia tengah melemah.

"Di Malaysia sudah tidak bisa gerak lagi, karena 50 persen pasar mobil sudah dikuasai Proton (mobil nasional Malaysia), sisanya diperebutkan produsen asal Jepang dan Eropa," lanjutnya.

JAKARTA - Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen sudah menyampaikan niatnya untuk memperluas pabrik di Cikarang Jawa Barat mulai 2015 hingga 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News