Waduh, Ada Sekda Memobilisasi ASN buat Pilkada

Waduh, Ada Sekda Memobilisasi ASN buat Pilkada
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan sejumlah indikasi tidak netralnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Negeri Sipil (ANS) dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, akhir tahun nanti.

"Ditemukan di daerah yang menggelar pilkada tahun ini, Sekda (Sekretaris Daerah) melakukan mobilisasi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara). Bahkan di sebuah daerah, belum apa-apa 'kabinet' di pemerintahannya sudah disusun. Tentu miris melihat kenyataan ini," ujar anggota Bawaslu, Jumat (28/8).

Menghadapi kondisi ini, Bawaslu kemudian menggandeng Komisi ASN, untuk turut serta mengawasi pilkada, khususnya terkait netralitas. Nasrullah meyakini langkah ini mampu membawa pilkada yang lebih baik. Apalagi sebelumnya Bawaslu juga sudah bekerja sama dengan PPATK, KPK, kepolisian dan sejumlah lembaga lain dalam mengawasi pelaksanaan pilkada.

"Jika memang nantinya kerja sama ini berlanjut, mungkin Bawaslu bisa fokus pada pengawasan terhadap peserta pilkada, sementara Komisi ASN fokus pada ASN," ujarnya. 

Menurut Nasrullah, saat ini pihaknya masih terus menerima laporan maupun menemukan dugaan dugaan pelanggaran pilkada di lapangan. 

"Bisa saja nanti setelah diinventarisir diserahkan beberapa daftar nama kepada Komisi ASN untuk ditindaklanjuti," ujar Nasrullah. (gir/jpnn)


JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan sejumlah indikasi tidak netralnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Negeri Sipil (ANS)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News