Waduh, Bupati Mimika Hentikan Seluruh Persiapan PON karena Permasalahan Duit

Waduh, Bupati Mimika Hentikan Seluruh Persiapan PON karena Permasalahan Duit
Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Foto: ANTARA/Evarianus Supar

jpnn.com, TIMIKA - Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan akan menghentikan seluruh persiapan menghadapi PON XX hingga Panitia Besar (PB) PON Papua memberikan kepastian terkait anggaran kegiatan itu.

Omaleng menyebut persiapan Sub PB PON XX Papua Klaster Mimika sejatinya sudah bagus, hanya saja dia menduga pengelolaan dana penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan tingkat nasional yang dikelola oleh PB PON Papua tidak jelas.

"Ini rapat kami yang terakhir dan tidak ada lagi aktivitas layanan untuk PON XX Papua. Jadi kalau ada kunjungan dari Papua ataupun dari Pusat terkait PON kita (Pemkab Mimika, red) tidak akan layani hingga adanya kepastian mengenai dana bagi penyelenggaraannya," kata Eltinus Omaleng di Timika, Selasa (8/6).

Penegasan itu disampaikan oleh Bupati Eltinus Omaleng yang juga Ketua Sub PB PON XX Papua Klaster Mimika usai menggelar rapat evaluasi bersama seluruh jajaran pengurus Sub PB PON XX Papua Klaster Mimika.

Omaleng mengatakan jika Mimika mengusulkan anggaran sekitar Rp500 miliar hingga Rp700 miliar, namun hanya terealisasi Rp78 miliar.

"Kami akan bergerak kembali setelah ada informasi berapa hak yang diperoleh atau diberikan kepada Kabupaten Mimika, apakah sesuai dengan kebutuhan Mimika atau tidak. Selama itu belum ada, semua aktivitas akan dihentikan," ujarnya.

Menyangkut pengerjaan arena pertandingan yang belum tuntas seperti aeromodeling dan terbang layang, Omaleng menegaskan hal itu tetap dilaksanakan karena sudah dianggarkan.

"Itu bukan anggaran PON tapi anggaran Otsus melalui APBD Kabupaten Mimika. Anggaplah itu bukan untuk PON karena selama ini juga pembangunan venue yang dilakukan Kabupaten Mimika, tidak pernah ada kucuran dari PB PON XX Papua," katanya.

Tidak ada lagi aktivitas layanan untuk PON XX Papua di Kabupaten Mimika hingga adanya kepastian mengenai dana bagi penyelenggaraan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News