Waduuh..Banyak yang Telat Terima Honor, Penghulu Rentan Terima Gratifikasi

Waduuh..Banyak yang Telat Terima Honor, Penghulu Rentan Terima Gratifikasi
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad Mustaqim mengatakan, menjelang lebaran ini banyak penghulu di Kantor Urusan Agama (KUA) terlambat menerima honor. Itu terjadi karena biaya nikah yang dibayar calon pengantin tidak diimbangi kecepatan pengembalian dana tersebut ke KUA sebagai honor penghulu.

“Masuk laporan ke DPR, banyak penghulu menjelang lebaran ini belum terima honor sebagai uang transport penghulu yang bersumber dari tarif yang telah dibayar calon pengantin namun dananya telat kembali ke KUA,” kata Achmad Mustaqim, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/6).

Fakta tersebut lanjutnya mendorong penghulu menerima gratifikasi saat melaksanakan tugas administrasi pernikahan sebagaimana dilaporkan Ketua KPK kepada Menteri Agama.

"Komisi VIII DPR dan jajaran Kementerian Agama sudah membahas perihal keterlambatan pengembalian dana nikah ke KUA dan banyak calon pengantin yang keberatan melaksanakan akad nikah di KUA," ujar politikus PPP ini.

Padahal lanjutnya, menggelar akad nikah di luar KUA menyebabkan terjadinya gratifikasi dengan perantara oknum perangkat desa.

"Karena itu saya berharap pelaksanaan PP nomor 48 tahun 2014 tentang Biaya Nikah perlu disempurnakan,” ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII ini. (fas/jpnn)  


JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad Mustaqim mengatakan, menjelang lebaran ini banyak penghulu di Kantor Urusan Agama (KUA) terlambat menerima


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News