JPNN.com

Wagub Jabar: Gunakan Medsos untuk Memajukan Masyarakat dan Agama

Sabtu, 01 Februari 2020 – 07:00 WIB
Wagub Jabar: Gunakan Medsos untuk Memajukan Masyarakat dan Agama - JPNN.com
Caption: Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka Seminar dan Workshop Literasi Digital Priangan Timur di Aula Adipati Angganaya Kantor Bappeda Kabupaten Ciamis, Sabtu (1/2/20).(Foto: Tatang/Humas Jabar)

jpnn.com, CIAMIS - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengajak masyarakat khususnya pengguna media sosial (medsos) agar bijak dalam menggunakan medsos.

Uu mengibaratkan medsos seperti sebuah kendaraan yang bisa digunakan untuk hal positif maupun negatif. “Medsos pun bisa dibawa untuk kemajuan, juga bisa dibawa kemudaratan,” kata Uu saat membuka Seminar dan Workshop Literasi Digital Priangan Timur di Aula Adipati Angganaya Kantor Bappeda Kabupaten Ciamis, Sabtu (1/2/20).

“Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan media sosial, karena jejak digital itu sangat luar biasa. Kalau dulu lidah adalah harimaumu, ucapan adalah harimaumu, sekarang jari adalah harimaumu juga,” tambahnya.

Uu menuturkan, dari total pengguna medsos di Indonesia yang mencapai angka 120 juta orang, sebanyak 55 persen berada di wilayah Jawa dan 22 persen ada di Jabar.

“Karena memang penduduknya (Jawa Barat) hampir 50 juta. Maka kegiatan seminar (literasi digital) ini sangat pas,” ujar Uu.

Uu pun tidak menampik bahwa dunia digital atau teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan hidup. Namun, Uu meminta teknologi digital digunakan untuk kebaikan agar bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Jangan sampai loncatan-loncatan digital ini dimanfaatkan orang lain untuk memudaratkan umat, jangan sampai dipakai untuk hoaks, jangan sampai dipakai untuk adu domba,” pesan Uu.

“Harapan kami adanya penemuan-penemuan teknologi komputer atau digital ini dipakai untuk kemajuan masyarakat Jawa Barat, kemajuan agama, dan juga untuk persatuan dan kesatuan, bukan untuk memecah belah,” ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...