Wah Publik Ternyata Lebih Puas dengan Kinerja Jokowi Dibanding Wapres Ma'ruf Amin

Wah Publik Ternyata Lebih Puas dengan Kinerja Jokowi Dibanding Wapres Ma'ruf Amin
Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Magelang, Jateng. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Angka kepuasan publik terhadap kinerja Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin ternyata berbeda. Ini berkaitan dengan kinerja keduanya selama 100 hari memimpin Indonesia.

Hal itu diketahui berdasarkan survei Indo Barometer tentang "Evaluasi Publik dan Isu-isu Nasional Dalam 100 Hari Jokowi-Amin".

Mengacu pada survei itu, sebanyak 70,1 persen publik merasa puas atas kinerja Jokowi selama 100 hari memimpin Indonesia. Sementara itu, sebanyak 27,4 persen publik tidak puas kinerja Jokowi.

"Cukup besar kinerja Presiden Jokowi ini. Sebab, terjadi peningkatan dibandingkan dengan survei Maret 2015, atau 100 hari periode pertama Jokowi," ungkap Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (16/2).

Sementara itu,  kepuasan publik pada kinerja Wapres Maruf Amin hanya sebesar 49,6 persen. Angka yang tidak puas dengan kinerjanya mencapai 37,5 persen.

Menurut Qodari, kepuasan publik antara Jokowi dengan Maruf ini masuk kategori tidak seimbang. Sebab, terdapat selisih angka sebesar 20,5 persen.

"Angka kepuasan wapres cuma 49 persen. Angka itu jomplang dibandingkan angka kepuasan terhadap presiden," tutur Qodari.

Qodari membandingkan selisih kepuasan publik antara Jokowi dengan Wapres Jusuf Kalla (JK). Selisih kepuasan publik antara Jokowi dengan JK, hanya sebesar 4,2 persen.

Tingkat kepuasan masyarakat pada Presiden Jokowi lebih tinggi dibanding terhadap Wapres Ma'ruf Amin di 100 hari pemerintahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News