Wah...Datangkan Kamerun Bisa Habiskan Miliaran

Wah...Datangkan Kamerun Bisa Habiskan Miliaran
Pemain Timnas Kamerun. Foto: istimewa

jpnn.com - KEDATANGAN Timnas Kamerun ke Indonesia disebut oleh Roger Milla ada kepentingan finansial. Karena itu, Kamerun bersedia merendahkan diri melawan tim yang tak selevel. Menurut sumber JPNN, memang ada agen yang berjasa mendatangkan Indomitable Lions ke Indonesia. Agen tersebut bukan berasal dari Afrika atau Asia, tapi dari Eropa.

"Setahu saya ada agennya dari Belgia," ujar sumber yang enggan disebutkan namanya itu.

Berapa nilai yang diberikan? Sumber tersebut mengaku tidak tahu menahu nilainya. Hanya, dia meyakini jumlahnya cukup besar dan nilainya mencapai miliaran rupiah. Pernyataan sumber tersebut sejatinya ada benarnya. Jika kita mengingat kembali kedatangan Timnas Kamerun U-23 ke Indonesia pada 2012 silam, terungkap adanya perjanjian memberikan fee kepada Timnas tersebut.

Saat itu, Timnas U-23 Kamerun sempat tak mau bertanding karena fee belum dibayarkan. Habil Marati, Manajer Timnas saat itu, adalah orang yang disebut-sebut melakukan deal dengan agen untuk mendatangkan Timnas U-23 Kamerun tersebut.

Saat itu, sumber di PSSI menyebut untuk sekelas Timnas U-23 Kamerun, dibutuhkan biaya sampai USD 50 ribu. Dengan kurs sekitar Rp 10 ribu lebih, saat itu, butuh Rp  500 juta untuk fee. Belum lagi biaya akomodasi dan transportasi juga rekreasi selama di Indonesia.

"Kalau Timnas senior, pakai pemain dari Eropa, pasti lebih besar. Bisa berlipat-lipat, sampai miliaran," paparnya.

Sebagai perbandingan, untuk mendatangkan tim Belanda saja, kebutuhannya sampai diatas Rp 20 miliar. Kalau untuk Kamerun, memang lebih kecil, tapi jumlahnya tetap miliaran rupiah, wah... (dkk/jpnn)


KEDATANGAN Timnas Kamerun ke Indonesia disebut oleh Roger Milla ada kepentingan finansial. Karena itu, Kamerun bersedia merendahkan diri melawan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News