Wajibkan Upacara di Stadion

Wajibkan Upacara di Stadion
LATIH - Rahmad Darmawan bersama Persija, Senin (16/8). Foto: Charlie Lopulua/Indopos.
JAKARTA - Peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus, selalu punya kesan tersendiri di hati warganya. Berbagai acara khas diselenggarakan setiap tahun. Di antara beragam acara itu, tentu yang paling utama dan sakral adalah upacara bendera.

Mantan pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, termasuk yang rajin mengikuti upacara. Setiap tahun dia selalu menghelat upacara bendera pagi hari sebelum latihan di Stadion Jakabaring, Palembang. "Saya mewajibkan semua pemain ikut. Tanpa kecuali," kata RD, sapaan Rahmad Darmawan.

Untuk soal penampilan pemain dan manajemen ketika mengikuti upacara bendera, pelatih yang menangani SFC selama tiga tahun itu, menginginkan awetnya jiwa nasionalisme pada diri pemain. Tak sekadar upacara, para pemain dan ofisial SFC juga berdandan mirip para pejuang kemerdekaan. Para pemain membebat kepalanya dengan slayer merah-putih, dan untuk manajemen menggunakan pakaian safari ala tahun 1940-an.

"Walau terkesan aneh untuk pemain dan manajemen, ada sesuatu yang menggelora di dalam dada ini," ungkap RD, yang sejak kemarin, Senin (16/8) sudah terlihat mulai latihan bersama tim Persija Jakarta itu.

JAKARTA - Peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus, selalu punya kesan tersendiri di hati warganya. Berbagai acara khas diselenggarakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News