Wakil BPN Minta Jajaran Optimalisasi Pelayanan untuk Pacu Kepercayaan Rakyat

Wakil BPN Minta Jajaran Optimalisasi Pelayanan untuk Pacu Kepercayaan Rakyat
Wakil Kepala BPN Surya Tjandra berharap pelayanan publik dan penyelesaian masalah dapat diterapkan secara optimal mungkin untuk memacu kepercayaan rakyat. Foto: dokumentasi Kementerian ATR BPN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Surya Tjandra berharap pelayanan publik dan penyelesaian masalah dapat diterapkan secara optimal mungkin.

"Ini salah satu harapan besar, khususnya kita dari Kementerian ATR/BPN dan masyarakat semakin percaya," ujar Wamen Surya saat mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Surakarta pada Jumat (12/11).

Menurut Wamen Surya mendapatkan rasa kepercayaan masyarakat merupakan nilai yang penting.

"Melalui kepercayaan masyarakat juga, pekerjaan menjadi lebih semangat. Kalau semangat, masyarakat percaya, rasanya ekonomi bergerak," kata Wamen Surya.

Pada kesempatan tersebut Wamen Surya menyoroti penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang sedang digencarkan di daerah.

RDTR akan terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) yang merupakan program besar dari pemerintah untuk mendorong kemudahan berusaha.

Program ini juga sebagai langkah awal pelaksanaan Kegiatan Kesesuaian Pemanfaatan Ruang (KKPR) yang berfungsi sebagai acuan pemanfaatan ruang dan sebagai acuan administrasi pertanahan.

"KKPR yang menjadi unggulannya Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) itu lapisan pertamanya ialah RDTR. Kami harus turut bertanggung jawab membantu pemda membuat RDTR," ungkap Wamen Surya Tjandra.

Wakil BPN Surya Tjandra berharap pelayanan publik dan penyelesaian masalah dapat diterapkan secara optimal mungkin untuk memacu kepercayaan rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News