Wakil Ketua Komisi IX DPR RI: Partisipasi Masyarakat Jadi Kunci Utama Penanganan Covid-19

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI: Partisipasi Masyarakat Jadi Kunci Utama Penanganan Covid-19
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena (kanan atas) saat berbicara dalam program Bicara Kekinian Mencari Solusi (Bikin Risol). Acara dipandu oleh Ara Antoni dan disiarkan melalui akun JPNN.com di Youtube, Senin (9/8). Foto: Tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena menegaskan partisipasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi berperan penting dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Sebagus apapun kebijakan pemerintah pusat, sebagus apapun kebijakan pemerintah daerah, tidak akan pernah bisa berhasil kalau masyarakatnya sendiri masih cuek sekali," kata Melki dalam program Bicara Kekinian Mencari Solusi (Bikin Risol) yang disiarkan melalui akun JPNN.com di Youtube, Senin (9/8).

Legislator Partai Golkar itu berharap wali kota dan bupati bisa menggerakkan partisipasi masyarakat untuk aktif membantu mengurangi penularan Covid-19 terutama pada daerah di luar pulau Jawa dan Bali yang saat ini sedang mengalami kenaikan jumlah kasus konfirmasi Covid-19.

"Ketika masyarakat digerakkan juga untuk aktif menjaga prokes dan mereka bisa aktif di situ, itu mengurangi sangat besar sebetulnya bagaimana dampak yang kita alami," kata Melki.

Kemudian, Melki juga meminta pemerintah daerah untuk memastikan masyarakat bersedia melakukan vaksinasi Covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Ahli Epidemiologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Satria Wiratama menyetujui pendapat Melki bahwa peran masyarakat sangat diperlukan untuk menekan laju penularan Covid-19.

Menurut Bayu, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang saat ini diterapkan bisa menekan mobilitas masyarakat di tempat umum tapi kurang efektif di pemukiman warga.

Bayu menyebutkan wilayah Yogyakarta sempat mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan karena klaster rumah tangga.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena menegaskan partisipasi masyarakat berperan penting dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News