Wakil Ketua MPR Ajak Masyarakat Meningkatkan Kepedulian Atasi Dampak COVID-19

Wakil Ketua MPR Ajak Masyarakat Meningkatkan Kepedulian Atasi Dampak COVID-19
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengajak masyarakat, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, untuk meningkatkan rasa saling peduli dan bahu membahu utamanya di lingkungan masing-masing.

Pasalnya, wabah Covid-19 bukan hanya menggerogoti sisi kesehatan tetapi telah menghantam sektor ekonomi.

Lestari merujuk konsep Satgas Jogo Tonggo (Jaga Tetangga) di setiap Rukun Warga (RW) di Jawa Tengah sebagai salah satu contoh upaya meningkatkan kepedulian antarwarga.

“Satgas Jogo Tonggo yang diterapkan di Jawa Tengah dengan konsep saling menjaga tetangga yang terdampak wabah secara ekonomi maupun yang terpapar virus Corona, bisa menjadi sebuah gerakan nasional untuk meredam dampak wabah Covid-19," ujar Lestari dalam keterangannya, Selasa (28/4).

Konsep satuan tugas Jogo Tonggo di Jawa Tengah ini, menurut Rerie - sapaan akrab Lestari, diketuai oleh ketua RW dibantu para ketua RT, dan beranggotakan tim kesehatan, tim ekonomi, serta tim keamanan.

Ketua Satgas diwajibkan melaporkan kegiatan sehari-hari pada pihak desa atau kelurahan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, pelaksanaan Satgas Jogo Tonggo mencakup dua hal, yaitu jaring pengaman sosial dan keamanan, serta jaring ekonomi.

Jaring pengaman sosial dan keamanan meliputi sosialisasi, pendataan, dan pemantauan warga.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa saling peduli di tengah wabah virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News