Wakil Ketua MPR Apresiasi Terobosan Kemenag Lewat Sistem Informasi Masjid

Wakil Ketua MPR Apresiasi Terobosan Kemenag Lewat Sistem Informasi Masjid
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid apresiasi terobosan Kemenag lewat SIMAS yang membuat penyaluran bantuan untuk masjid dan musala lebih transparan. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengapresiasi Kementerian Agama (Kemenag) yang telah memenuhi harapan masyarakat dalam memberi bantuan bagi pembangunan, perawatan maupun renovasi masjid dan musala.

Apalagi bantuan tersebut disampaikan dengan mekanisme yang lebih baik dan transparan melalui SIMAS (Sistem Informasi Masjid).

Dana disalurkan langsung melalui rekening pengurus masjid dan musala, tidak melalui kepanjangan tangan pihak tertentu yang berpotensi bisa terjadi pungutan liar (pungli) maupun diselewengkan.

Menurut HNW, jika SIMAS bisa diterapkan secara efektif pada semua program Kemenag akan meningkatkan kinerja dan kepercayaan publik serta menghilangkan potensi-potensi yang dulu selalu dikeluhkan masyarakat, utamanya terjadi pemotongan atas jumlah bantuan serta penyelewengan lain oleh oknum-oknum tertentu.

“Begitulah harusnya praktik yang berlaku di Kemenang. Itu sangat diapresiasi. Kemenag semestinya memang mampu menjadi teladan dalam hal transparansi, dan dalam melaksanakan berbagai program dengan amanah tanpa ada masalah apapun,” kata HNW.

Penyataan itu disampaikannya seusai bertemu sejumlah pengurus masjid dan musala di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, Jumat (25/8).

Perwakilan pengurus masjid yang ikut dalam pertemuan tersebut, antara lain DKM Masjid Baiturrahman, Masjid Annizhom, Masjid Baiturrahmah, Masjid Nurul Jannah serta Musala Nurul Hidayah.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berharap terdapat keadilan anggaran antara Kemenag dengan Kemendikbudristek, baik terkait masalah pendidikan maupun layanan keumatan.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid apresiasi terobosan Kemenag lewat SIMAS yang membuat penyaluran bantuan untuk masjid dan musala lebih transparan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News