Wakil Ketua MPR Imbau Masyarakat Bijak Menyikapi Hasil Pilkada

Wakil Ketua MPR Imbau Masyarakat Bijak Menyikapi Hasil Pilkada
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat memint masyarakat dan kontestan menghindari euforia dalam menyikapi hasil Pilkada Serentak 2020.

"Di tengah kondisi negara yang sedang menghadapi sejumlah tantangan, masyarakat dan para kontestan saya harapkan bijaksana dalam menyikapi hasil pemilukada. Tidak perlu ada euforia," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/12).

Menurut Lestari, langkah pertama ketika menyikapi hasil pilkada antara lain adalah bagi kontestan yang diberi kepercayaan rakyat untuk memimpin harus segera melakukan konsolidasi seluruh kekuatan masyarakat di wilayahnya.

Dia mengatakan sesegera mungkin kubu-kubu yang terbentuk akibat dari proses kompetisi harus disatukan agar bisa bersama-sama membangun daerah.

Sosok yang karib disapa Rerie itu mengatakan bagi kontestan yang belum berhasil mendapat dukungan masyarakat untuk menjadi pemimpin diharapkan mampu mengajak pendukungnya untuk menerima hasil pilkada.

Selain itu, Rerie juga berharap penyelenggara Pilkada Serentak 2020 berlaku adil dan transparan bagi semua kontestan.

Bila terjadi sengketa dalam proses Pemilukada serentak ini, Rerie meminta semua pihak agar berpedoman pada ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersama.

Pada kesempatan yang sama, legislator Partai NasDem itu, mengapresiasi para penyelenggara pilkada di seluruh daerah yang secara umjm sudah menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin di tempat-tempat pemungutan suara.

Tidak perlu ada euforia menyikapi hasil Pilkada Serentak 2020 di tengah kondisi negara yang sedang menghadapi banyak tantangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News