Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid Beber Kriteria Pemimpin yang Layak Dipilih di Pemilu 2024

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid Beber Kriteria Pemimpin yang Layak Dipilih di Pemilu 2024
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (kanan) dan Sjarifuddin Hasan saat menjadi pembicara dalam Diskusi Empat Pilar MPR dengan tema 'Memaknai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara' di Media Center, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/6). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid membeberkan kriteria pemimpin yang layak dipilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi Empat Pilar MPR dengan tema 'Memaknai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara' di Media Center, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/6).

Pada kesempatan itu, Jazilul menyampaikan makna Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangat dinamis, tergantung para pemimpin dan orang-orang yang mengamalkannya.

"Karena itu, pada Pemilu 2024 pilihlah presiden yang Pancasilais,” pesan Gus Jazil yang akrab disapa.

Dia menyebutkan makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang digali dari nilai-nilai yang hidup di masyarakat sudah final.

Namun, makna Pancasila dalam implementasi dan praktik sehari-hari belum final karena mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah.

Jazilul mencontohkan makna sila ke-4 Pancasila, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Pada masa Presiden Soekarno dikenal demokrasi terpimpin.

Ini kriteria pemimpin yang layak dipilih di Pemilu 2024 menurut Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News