Walubi Kembali Gelar Pasamuan Agung di Jakarta

Walubi Kembali Gelar Pasamuan Agung di Jakarta
Walubi

jpnn.com, JAKARTA - Perwakilan Ummat Buddha Indonesia (Walubi) akan menyelenggarakan Pasamuan Agung Ke-3 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 15-16 April 2017 mendatang.

Acara ini akan dihadiri Dewan Sangha dan lebih seribu orang terdiri para rohaniawan dari berbagai majelis ummat Buddha serta para pengurus organisasi ummat Buddha dari seluruh Indonesia. Mereka akan membahas kepemimpinan umat Buddha Indonesia dan program-program kerja selama 5 tahun ke depan.

Sekretaris Panitia Pasamuan Agung Ke-3, Gatot Sukarno menjelaskan, Munas atau Pasamuan Agung akan diikuti oleh seluruh majelis dan lembaga keagamaan Buddha Indonesia, serta diikuti oleh seluruh pengurus DPD Provinsi dan DPD Kabupaten dari seluruh Indonesia.

"Semuanya akan duduk bermusyawarah membahas peningkatan spiritualitas dan berbagai permasalahan yang dihadapi ummat Buddha Indonesia, serta membahas upaya peningkatan peranan ummat Buddha dalam pembangunan bangsa Indonesia yang lebih baik di masa depan," jelas dia dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Selasa (14/4).

Sejumlah isu penting juga akan dibahas dalam Pasamuan Agung ini. Mulai dari masalah organisasi dan program kerja, hingga upaya peningkatan kualitas dan kuantitas guru agama Buddha di vihara-vihara, serta sekolah-sekolah Buddhis.

"Walubi sebagai wadah dari aliran-aliran agama Buddha yang ada di Indonesia berfungsi sebagai pemersatu yang senantiasa berada dalam suasana rukun, bersatu padu dalam menghayati dan mengamalkan dharma agama dan dharma negara,” kata Gatot.

Pasamuan agung, lanjut dia, nantinya akan menghasilkan beberapa hal penting untuk dibahas, di antaranya program kerja yang konkrit dan dapat dirasakan manfaatnya baik oleh umat Buddha Indonesia, maupun oleh rakyat Indonesia pada umumya.

"Ibu Hartati Murdaya selama ini telah berhasil membawa Walubi sejajar dengan ormas-ormas agama tingkat nasional yang lain, serta berhasil menunjukkan bahwa ummat Buddha senantiasa proaktif dalam ikut membangun bangsa. Kita berharap hal-hal baik seperti ini akan diteruskan di masa mendatang,” katanya.

Perwakilan Ummat Buddha Indonesia (Walubi) akan menyelenggarakan Pasamuan Agung Ke-3 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 15-16 April 2017 mendatang.

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News