Wamen BUMN Yakin BRI Mampu Tembus Kapitalisasi Pasar Rp 1.000 Triliun

Wamen BUMN Yakin BRI Mampu Tembus Kapitalisasi Pasar Rp 1.000 Triliun
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo yakin PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) mampu menembus kapitalisasi pasar Rp 1.000 triliun pada 2025. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo yakin PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) mampu menembus kapitalisasi pasar Rp 1.000 triliun pada 2025.

Hal itu disampaikan dalam salah satu rangkaian acara dukungan BRI terhadap G20, yakni BRI Microfinance Outlook 2022 belum lama ini.

Pasalnya, BRI dinilai memiliki daya tarik bagi investor global karena penerapan ESG.

Bank yang telah berusia ke-126 itu dinilai memiliki kontribusi besar dalam penerapan prinsip ESG atau Environmental (Lingkungan), Social (Sosial), dan Governance (Tata Kelola Perusahaan) untuk tumbuh secara berkelanjutan.

Kartika mengungkapkan secara nilai ekonomis BRI menjadi bank yang sangat unik, karena menjadikan segmen UMKM sebagai tulang punggung (backbone) bisnisnya, termasuk di dalamnya usaha Ultra Mikro (UMi).

Pangsa pasar UMKM di Indonesia yang begitu besar terus dioptimalisasi oleh BRI sebagai komitmen Memberi Makna Indonesia.

"Penerapan ESG di BRI juga sejalan dengan ekosistem keuangan berkelanjutan dan inklusivitas yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2022," ujar Tiko sapaan karib Kartika Wirjoatmodjo.

Kementerian Koperasi dan UKM RI pada 2019 menyebut 99,99 persen atau 65,46 juta pelaku usaha di Indonesia merupakan UMKM.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo yakin PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) mampu menembus kapitalisasi pasar Rp 1.000 triliun pada 2025.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News