Wamen Surya Bicara Strategi Pemuliihan Ekonomi Kawasan Pesisir

Wamen Surya Bicara Strategi Pemuliihan Ekonomi Kawasan Pesisir
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra. Foto: Humas Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra mengatakan persoalan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil menjadi urgensi bersama antara pihak-pihak yang terkait di dalamnya.

Dia juga menyinggung spirit GTRA Summit 2022 punya keterkaitan dengan Presidensi Indonesia G20 yang tengah berlangsung mulai 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

"Kaitannya adalah secara khusus menaruh fokus pada sustainability dan inclusivity dalam rangka pemulihan ekonomi harus melibatkan mereka-mereka yang biasanya ditinggalkan oleh pembangunan," ujar Surya dalam keterangan resmi, Rabu (2/2).

Surya Tjandra mengatakan pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif dapat dimulai dari penataan pemanfaatan tanah dan ruang.

Integrated Coastal Management (ICM) atau Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu mengacu pada kebijakan pemerintah yang melibatkan partisipasi masyarakat.

"ICM berusaha menyeimbangkan antara keserasian lingkungan, aspek ekonomi, sosial, budaya, rekreasi, dan aspek-aspek lainnya," tutur Surya.(mcr18/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala ATR/BPN) Surya Tjandra mengatakan persoalan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil menjadi urgensi bersama antara pihak-pihak yang terkait di dalamnya.


Redaktur : Friederich
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News