Wamenhub Berharap Presiden Baru Pro KA

Wamenhub Berharap Presiden Baru Pro KA
Wamenhub Berharap Presiden Baru Pro KA

jpnn.com - MADIUN - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono berharap presiden Indonesia selanjutnya adalah pemimpin yang pro terhadap peningkatan industri kereta api. Menurutnya, kereta api adalah moda transportasi penghubung yang efisien di dalam pulau. 

"Siapapun presiden ke depan, kereta api tetap harus menjadi program nasional," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Madiun, Jateng, Selasa (17/6). 

Dia menjelaskan, Indonesia adalah negara yang memiliki 13.446 pulau. Karenanya suka tidak suka pemerintah harus memperkuat transportasi laut untuk mempermudah akses antarpulau. Namun, di samping itu, Indonesia juga harus memaksimalkan transportasi dalam pulau, salah satunya yang harus diperhatikan adalah kereta api. 

"Transportasi darat ini untuk menghubungkan antara pusat produksi dengan distribusi, kita membutuhkan konektivitas yang kuat," kata dia.

Menurut Bambang, kereta api masih menjadi transportasi paling efisien untuk digunakan menempuh jarak antara rentang 500-1.500 kilometer.  "Di bawah 500 kilometer, yang lebih efektif adalah jalan raya, diatas 1.500 mungkin lebih efektif laut," kata dia. 

Selain itu, kereta api memiliki keunggulan hemat BBM enam kali lipat, rendah emisi dan memiliki kapasitas angkut hingga setara 40 kontainer dalam satu rangkaiannya. (ant/rr/mas)


MADIUN - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono berharap presiden Indonesia selanjutnya adalah pemimpin yang pro terhadap peningkatan industri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News