Wamenhub Nilai Ganjil-Genap Bukan Solusi Terbaik

Wamenhub Nilai Ganjil-Genap Bukan Solusi Terbaik
Wamenhub Nilai Ganjil-Genap Bukan Solusi Terbaik
JAKARTA - Kebijakan pembatasan kendaraan berdasarkan plat nomor ganjil-genap yang akan diterapkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dinilai bukan solusi terbaik. Sistem Electronic Road Pricing (ERP) dinilai lebih efektif dalam membatasi kendaraan pribadi.

"Sebetulnya yang paling efektif adalah langsung menerapkan ERP, karena dengan ERP itu lebih terkontrol untuk semua," kata Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, kepada wartawan di Hotel Four Seasons, Jakarta, Jumat (14/12).

Sistem ERP dinilai lebih baik karena berlaku untuk semua kendaraan pribadi. Berbeda dengan sistem ganjil-genap yang hanya berlaku untuk kendaraan dengan plat nomor tertentu.

Selain itu ERP juga lebih menguntungkan secara ekonomi. Pasalnya, kebijakan ini menghasilkan pendapatan bagi pemerintah dari tarif yang harus dibayarkan pengendara kendaraan pribadi. Hal ini tidak didapatkan dari kebijakan ganjil-genap.

JAKARTA - Kebijakan pembatasan kendaraan berdasarkan plat nomor ganjil-genap yang akan diterapkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dinilai bukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News