Wamenkes Dante: Mayoritas Penderita Diabetes Tak Menyadari Penyakitnya

Wamenkes Dante: Mayoritas Penderita Diabetes Tak Menyadari Penyakitnya
Ilustrasi diabetes. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyebutkan sebagian besar penderita Diabetes Melitus tidak menyadari penyakitnya.

Hal tersebut disampaikan Wamenkes Dante pada peringatan Hari Diabetes Sedunia, Senin (15/11).

“Hasil survei diabetes pada orang sehat, ternyata lebih dari dua per tiga orang tidak mengetahui bahwa mereka menderita diabetes," kata Dante.

Dengan begitu, kesadaran diri penderita terhadap kontrol berkala menjadi makin berkurang.

"Artinya, fenomena diabetes seperti fenomena gunung es di mana yang menderita diabetes jauh lebih banyak dibandingkan yang sudah diketahui," tambah dokter berusia 48 tahun itu.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2016 menyebut Diabetes Melitus merupakan penyakit kronis yang paling tinggi kenaikan angka prevalensinya saat ini dan merupakan 10 besar penyebab kematian di dunia.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan pada 2013 dan 2018 juga menunjukkan tren prevalensi penyakit Diabetes Melitus meningkat dari 6,9 persen menjadi 8,5 persen.

Kemudian, prevalensi penyakit Diabetes Melitus berdasarkan diagnosa dokter juga mengalami peningkatan dari 1,2 persen menjadi 2 persen. (mcr9/jpnn)

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menyebutkan sebagian besar penderita Diabetes Melitus tidak menyadari penyakitnya.


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News