Wanita Selam Hadiahkan Rekor Dunia di HUT Ke-74 RI

Wanita Selam Hadiahkan Rekor Dunia di HUT Ke-74 RI
Pengibaran bendera merah putih di Teluk Manado oleh WASI. Foto: Ist

jpnn.com, MANADO - Wanita Selam Indonesia (WASI) melakukan pengibaran bendera merah putih seluas 1.014 meter persegi di dasar Teluk Manado, Sulawesi Utara. Pengibaran bendera ini tercatat sebagai rekor baru dunia versi Guinness World Records. Pemecahan rekor tersebut terjadi pada tanggal 1 sampai 3 Agustus 2019.

Ketua WASI Tri Tito Karnavian mengatakan, pemecahan rekor tersebut sebagai hadiah ulang tahun ke-74 dari WASI untuk Republik Indonesia.

“Semoga apa yang kami lakukan tak hanya sebatas rekor ini, akan ada banyak kontribusi lain yang akan WASI lakukan untuk Indonesia ke depan. Kami berharap semua orang mau melakukan yang terbaik bagi bangsanya,” ujar Tri kepada wartawan, Sabtu (17/8).

BACA JUGA: Simak Pesan Ki Kusumo di HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia

Tri mengungkapkan, ada perjalanan panjang yang harus WASI lalui untuk memecahkan rekor dunia tersebut. Paling tidak pihaknya menyiapkan waktu hingga satu tahun, mulai dari pembuatan bendera raksasa yang dikerjakan pengrajin lokal asal Bitung, Raden Ali hingga menentukan besaran bendera yang akan dikibarkan.

“Semula kami hanya akan mengibarkan bendera seluas 500 meter seperti yang dilakukan ketika memecahkan rekor MURI 2018 lalu. Namun, ada masukan dari Guinness World Records bahwa pengibaran bendera harus sesuai standar yang berlaku di Indonesia, berdasarkan aturan itu, maka kami membuat bendera berukuran 26x39 meter dan mengibarkan bendera dengan ukuran 1.014 meter persegi di Teluk Manado,” beber Tri.

Diketahui, WASI merupakan organisasi selam di Indonesia yang didirikan 2018. Di usianya yang masih terbilang muda, organisasi ini telah berhasil memecahkan satu rekor nasional versi MURI pada 2018 dan tiga rekor dunia versi Guinness World Records pada 2019 ini. (cuy/jpnn)


Wanita Selam Indonesia (WASI) melakukan pengibaran bendera merah putih seluas 1.014 meter persegi di dasar Teluk Manado, Sulawesi Utara.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News