Wapres Berharap Kurikulum 2013 Tidak Molor

Wapres Berharap Kurikulum 2013 Tidak Molor
Wapres Berharap Kurikulum 2013 Tidak Molor
JAKARTA--Pemberlakuan kurikulum pendidikan 2013 diramalkan bakal  tersendat, karena anggarannya masih tertahan di DPR. Meski begitu,  Wakil Presiden (Wapres) Boediono menginstruksikan pemberlakukan  kurikulum 2013 pada awal Juli nanti, tidak molor. Dia menginstruksikan pelaksanaan kurikulum baru ini dilakukan secara realistis atau bertahap.

"Perubahan kurikulum itu tak harus tuntas tahun ini. Kita harus  realistis berapa banyak yang bisa kita mulai pada 2013, 2014 dan 2015.  Tentu tak bisa sekaligus. Tapi jangan molor, jangan  menghilangkan waktu karena yang rugi adalah anak-anak kita sendiri, yang tak bisa menerima manfaat dari kurikulum yang baru," kata  Boediono saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemdikbud, Depok, Senin  (11/2).

Boediono memaparkan, jangka waktu tiga tahun adalah waktu yang  cukup untuk menuntaskan pelaksanaan kurikulum 2013. Secara garis  besar, isinya akan merupakan keseimbangan hard skill yakni pengetahuan  dan keterampilan teknis serta soft skill yakni kemampuan  bersosialisasi, bekerja sama dan toleransi. "Karena itu, persiapan  pelaksanaan kurikulum baru tersebut, dilakukan sebaik mungkin, baik  dari segi isi, infrastruktur, guru maupun buku," ujar dia.

Di samping itu, Boediono kembali menekankan bahwa Indonesia diberi  karunia sumber daya alam yang cukup baik, namun hal itu tidak berarti  banyak tanpa pembangunan sumber daya manusia. Untuk itu, komunitas  pendidik memegang peran sentral dalam menyiapkan generasi yang lebih  baik dari generasi sebelumnya demi kemajuan Indonesia. "Tanpa generasi  yang lebih baik, maka suatu bangsa akan bergerak stagnan, kalau tidak  mundur," katanya.

JAKARTA--Pemberlakuan kurikulum pendidikan 2013 diramalkan bakal  tersendat, karena anggarannya masih tertahan di DPR. Meski begitu,  Wakil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News