Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Pembangunan 846 BLK Komunitas, Begini Harapannya

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Pembangunan 846 BLK Komunitas, Begini Harapannya
Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di sela acara peresmian pembangunan 846 BLK Komunitas yang dipusatkan di Yayasan Ponpes Manhalul Ma`arif Darek, Lombok Tengah, Jumat (10/2). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan pembangunan 846 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang dipusatkan di Yayasan Ponpes Manhalul Ma`arif Darek, Lombok Tengah, Jumat (10/2).

Pada kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dengan diselesaikannya pembangunan 3.757 BLK Komunitas selama periode 2017-2022.

Dia mengatakan pemerintah terus mengupayakan berbagai strategi untuk memastikan sumber daya manusia Indonesia memiliki kualitas dan kapabilitas untuk beradaptasi dengan segala perubahan dan disrupsi yang mengikutinya, salah satunya upaya tersebut melalui eksistensi BLK Komunitas.

"Perluasan pendirian BLK Komunitas hingga menjangkau ke seluruh pelosok tanah air, tentu akan memudahkan kelompok usia angkatan kerja dalam mengakses pelatihan kerja," kata Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Selain untuk menekan angka pengangguran, lanjut Wapres, penguatan dan perluasan pelatihan vokasi melalui BLK komunitas utamanya diharapkan untuk mampu menciptakan pekerja terampil sekaligus berdaya saing.

Lebih lanjut Wapres berharap ke depan perluasan BLK komunitas agar memperhatikan sejumlah hal.

Pertama, capaian jumlah BLK Komunitas terbangun saat ini, tidak hanya terus ditingkatkan, tetapi juga agar diikuti, baik oleh kuantitas maupun kualitas alumnus BLK Komunitas sehingga mampu berkompetisi di pasar dunia kerja domestik maupun luar negeri.

Kedua, Wapres Ma’ruf Amin meminta Kemnaker mengarahkan program pembangunan BLK Komunitas di daerah-daerah yang menjadi titik kemiskinan ekstrem.

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan sejumlah harapan saat meresmikan pembanguna 846 BLK Komunitas di Lombok Tengah, simak kalimatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News