Wapres: Negara yang Kuasai Teknologi Pasti Tenang

Wapres: Negara yang Kuasai Teknologi Pasti Tenang
Wakil Presiden M Jusuf Kalla pada puncak acara Hari Kebangkitan Teknologi (Hakteknas) ke-22 di Makassar, Kamis (10/8). Foto: Humas Kemenristekdikti

jpnn.com, MAKASSAR - Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengungkapkan tiga modal utama yang harus dimiliki negara bila ingin maju. Tiga modal itu adalah ilmu pengetahuan, semangat, dan kedamaian.

Menurut JK, banyak negara kaya hancur karena tidak adanya kedamaian. Sebaliknya negara-negara yang mengandalkan ilmu dan teknologi akur-akur saja karena sama-sama saling membutuhkan.

"Modal kaya tidak cukup untuk membuat negara aman dan maju. Namun, negara yang menguasai ilmu teknologi pasti tenang karena mereka saling membutuhkan dan mengisi satu sama lainnya," kata JK di puncak acara Hari Kebangkitan Teknologi (Hakteknas) ke-22 di Makassar, Kamis (10/8).

Wapres menambahkan, teknologi sangat penting untuk memberi nilai tambah. Negara-negara maju biasanya menguasai teknologi. “Teknologi memberi nilai tambah. Nilai tambah membawa kemakmuran. Teknologi ada karena adanya riset, “ ungkapnya.

Teknologi merupakan satu-satunya cara suatu bangsa untuk bertahan dari segala masalah. Menurut JK, fungsi lembaga universitas dan penelitian sangat dibutuhkan untuk memajukan teknologi yang berdampak langsung bagi masyarakat.

"Apa gunanya punya banyak universitas dan lembaga penelitian jika terus berselisih soal teknologi. Ayolah para insinyur untuk bangkit demi memajukan bangsa kita," ajaknya.(esy/jpnn)


Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengungkapkan tiga modal utama yang harus dimiliki negara bila ingin maju. Tiga modal itu adalah ilmu pengetahuan, semangat,


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News