Wapres Resmikan Gedung Pusat Koleksi Mikroorganisme LIPI

Wapres Resmikan Gedung Pusat Koleksi Mikroorganisme LIPI
Wapres Resmikan Gedung Pusat Koleksi Mikroorganisme LIPI

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden RI Boediono meresmikan gedung Indonesian Culture Collection (InaCC) atau pusat koleksi mikroorganisme milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Cibinong, Jawa Barat, Kamis, (11/9).

Pusat pengembangan itu dibangun karena mikroorganisme dianggap memiliki manfaat yang beragam di bidang pangan, pakan, sandang, pertanian, kesehatan, lingkungan dan energi.

"Saya harapkan ini jadi salah satu pilar yang kokoh dalam upaya untuk maju dalam perkembangan yang terkait dengan teknologi," ujar Wapres dalam sambutannya sebelum peresmian.

Wapres berharap InaCC dapat berkembang menjadi pusat penelitian mikroba yang benar-benar bertaraf internasional dan bisa berdiri sama tinggi dengan institusi serupa di seluruh dunia. Menurutnya, mikroorganisme tersebut harusnya bisa dikembangkan untuk kebutuhan di Indonesia.

"Saya harap InaCC jadi pelopor pengembangan mikroba di Indonesia," sambung Wapres.

Sementara itu, Kepala LIPI Lukman Hakim menyatakan pihaknya telah memulai eksplorasi, identifikasi, karakterisasi, dan koleksi mikroorganisme dari berbagai wilayah di Indonesia sejak tahun 1960.

Pembangunan pusat koleksi mikroorganisme ini, kata dia, didukung oleh kalangan internasional melalui program Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (SATREPS).

"Program ini adalah kerjasama pemerintah Indonesia dengan Jepang yang secara aktif berkontribusi dalam pembangunan InaCC," kata Lukman di tempat yang sama.

JAKARTA - Wakil Presiden RI Boediono meresmikan gedung Indonesian Culture Collection (InaCC) atau pusat koleksi mikroorganisme milik Lembaga Ilmu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News