Warga Australia di Luar Negeri Kemungkinan Harus Menunggu Lebih Lama untuk Pulang

Warga Australia di Luar Negeri Kemungkinan Harus Menunggu Lebih Lama untuk Pulang
Pemerintah Australia mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah kedatangan warganya yang masih tertahan di luar negeri.  (AAP: Paul Miller)

Rapat Kabinet Nasional Australia hari Jumat (02/07) memutuskan untuk mengurangi kuota mingguan kedatangan internasional sebesar 50 persen dari sebelumnya.

Terhitung tanggal 14 Juli, kuota mingguan kedatangan internasional ke Australia akan dibatasi menjadi 3.035 orang per minggu, dari sebelumnya 6.370.

Berikut adalah kuota kedatangan mingguan internasional setelah dipotong 50 persen:

  • Sydney 1.505
  • Perth 265
  • Adelaide 265
  • Melbourne 500
  • Brisbane 500 (ditambah 150 kapasitas lonjakan)

Jumlah penerbangan internasional akan dikurangi, tapi Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan akan menambah jumlah penerbangan repatriasi untuk memulangkan mereka yang berstatus warga Australia dari negara lain.

Belum ada rincian berapa banyak jumlah penerbangan repatriasi yang akan ditambah.

Hingga saat ini Australia masih memprioritaskan mereka yang berstatus warga negara atau penduduk tetap (PR) serta yang sudah mendapat izin karena alasan esensial.

Ia juga mengumumkan akan melakukan uji coba periode karantina tujuh hari, bukan 14 hari, bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksinasi.

Australia Selatan menurutnya sudah bersedia untuk menjadi tempat uji coba ini.

Tak hanya jumlah kedatangan internasional yang dikurangi, Pemerintah Australia juga akan mencoba memperpendek karantina menjadi tujuh hari bagi yang sudah divaksinasi

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News