Warga Bengkayang Kalbar Diimbau Waspada Banjir Bandang Susulan

Warga Bengkayang Kalbar Diimbau Waspada Banjir Bandang Susulan
Kondisi banjir di Bengkayang (ANTARA/HO- BPBD Kalbar)

jpnn.com, PONTIANAK - Warga Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat diimbau waspada banjir bandang susulan dampak hujan deras yang tengah melanda sebagian daerah.

Banjir terjadi di dua desa di Kabupaten Bengkayang akibat hujan deras pada Sabtu kemarin.

"Kami minta warga tetap waspada di rumah masing-masing terhadap banjir susulan. Jangan panik," ujar Ketua Satgas Informasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Barat Daniel di Pontianak, Minggu.

Banjir bandang yang melanda di Sebente Desa Sebente hingga di Sohak Desa Bangun Sari terjadi pada Sabtu (1/7/2023) pukul 15:30 WIB yang diakibatkan hujan deras sejak pukul 12:15 WIB yang mengakibatkan meluapnya Sungai Setanga.

"Dampak bencana menggenangi jalan sepanjang 1 km, dengan ketinggian banjir 20-50 Cm dan menggenangi sawah warga seluas kurang lebih 4 hektare. Saat ini air berangsur surut," jelas dia.

Terkait jumlah warga dan bangunan rumah serta fasilitas umum yang terdampak sedang dalam proses asesmen oleh TRC BPBD Kabupaten Bengkayang.

"Warga tetap tenang dan dokumen keluarga harus mulai diamankan di tempat yang aman dan warga harus bersedia dievakuasi oleh tim penanggulangan bilamana kondisi banjir tidak terkendali. Dalam proses evakuasi harus diutamakan kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, orang sakit, anak-anak dan disabilitas," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan data peringatan dini cuaca oleh BMKG Kalbar 2 Juli 2023, sejumlah daerah berpotensi mengalami hujan sedang dan lebat, petir dan angin kencang. (antara/jpnn)

Banjir bandang terjadi di dua desa di Kabupaten Bengkayang akibat hujan deras pada Sabtu kemarin.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News