Warga Berbondong-bondong Berziarah, TPU Pondok Ranggon Padat

Warga Berbondong-bondong Berziarah, TPU Pondok Ranggon Padat
Situasi di depan pintu masuk TPU Pondok Ranggon mulai padat dikunjungi warga yang akan berziarah, Jakarta, Rabu (10/4/24). ANTARA/Ilham Kausar.

jpnn.com - JAKARTA - Tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi warga sesuai salat Idulfitri 1445 Hijriah.

Seperti terlihat pada Rabu (10/4), warga terlihat mulai memadati TPU Pondok Ranggon pada Rabu pagi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sekitar pukul 09.45 WIB sejumlah warga mulai berbondong-bondong ke TPU Pondok Ranggon untuk melakukan ziarah.

Bahkan kepadatan kendaraan terjadi sejak di pintu masuk TPU, tetapi masih dapat berjalan dan bergantian untuk masuk dan keluar dari TPU.

Salah satu pengunjung Rosid (40) mengatakan bersama keluarganya langsung ke pemakaman orang tuanya usai salat Idulfitri dengan alasan agar tidak terlalu siang.

"Tadi setelah salat langsung ke sini, kebetulan rumah tidak terlalu jauh, nanti baru langsung ke rumah saudara-saudara, karena kalau sudah siang mulai ramai dan panas," ucapnya.

Tidak berbeda jauh dengan Rosid, salah satu peziarah bernama Asri (35) juga mengunjungi makam suaminya bersama anak-anaknya setelah menjalankan salat Idulfitri.

"Sebenarnya tidak ingin terlalu terburu-buru ke sini (makam), tetapi anak-anak ingin dari pagi biar tidak terlalu macet," katanya.

Asri yang tinggal di Bambu Apus menjelaskan tradisi ziarah rutin dilakukan sejak 2017.

Dia menyatakan setiap Idulfitri sudah terbiasa terjadi kepadatan oleh para peziarah.

Berbeda dengan Joko (54) ini adalah pertama kalinya berkunjung ke TPU Pondok Ranggon saat Lebaran, setelah ibunya dimakamkan sebelum bulan puasa.

"Saya kira tidak terlalu ramai waktu pagi hari, ternyata cukup ramai oleh pengunjung. Untung saya bawa motor jadi tidak terlalu macet," kata Joko. (Antara/jpnn)


Tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Ranggon menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi warga sesuai salat Idulfitri.


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News