Warga Bogor Ikut Rasakan Manfaat Hutan Kota Pakansari

Warga Bogor Ikut Rasakan Manfaat Hutan Kota Pakansari
Hutan kota Pakansari Bogor. Foto: Yayasan Korindo

jpnn.com, BOGOR - Yayasan Korindo melibatkan mengajak beberapa warga dalam pengelolaan hutan kota Pakansari, Bogor, Jawa Barat.

Warga dilibatkan dalam kegiatan pemberian pupuk, pemotongan dahan bagian bawah hingga pengendalian gulma.

Sekretaris Jenderal Yayasan Korindo Seo Jeong Sik mengatakan, hutan kota Pakansari merupakan bentuk komitmen Korindo Group untuk ikut melestarikan lingkungan sekaligus memberdayakan masyarakat setempat.

“Sejak awal pengelolaan sudah dilakukan bersama dengan masyarakat setempat dengan tetap dipantau dari yayasan Korindo,” kata Seo Jeong Sik, dalam keterangan tertulis, Selasa (16/3).

Menurut dia, dengan pengelolaan yang intensif ini, pepohonan di hutan tersebut tumbuh subur. Saat ini, tinggi beberapa pohon sudah mencapai tujuh meter dalam satu tahun, melampaui target yang ditetapkan.

“Kami menargetkan pertumbuhan pohon-pohon ini lima meter dalam satu tahun, namun banyak yang sudah lebih tinggi dari itu,” tuturnya.

Selain pengelolaan yang maksimal, banyak faktor lingkungan yang menyebabkan pepohonan dapat tumbuh subur seperti sinar matahari dan intensitas hujan.

Manfaat yang kini juga mulai banyak dirasakan adalah pemanfaatan ilalang untuk pakan ternak. Pada bagian belakang hutan terdapat area yang sulit menyerap air atau disebut sebagai wet area. Ketika hujan turun, air kerap menggenang di sekitar pepohonan dan ilalang tumbuh dengan cepat.

Warga dilibatkan dalam pengelolaan hutan kota Pakansari, Bogor, yang masih dikelola oleh Yayasan Korindo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News