Warga Dayak Kecam Sang Guru Besar

Dipicu Kesaksian Thamrin Amal di Sidang Video Mesum "Ariel"

Warga Dayak Kecam Sang Guru Besar
PROTES-Ribuan warga suku dayak Kota Palangka Raya Kalteng demo di Bundaran Besar Palangka Raya, Sabtu (8/1) siang mengecam pernyataan Sosiolog UI Thamrin Amal Tamagola terkait sidang Ariel Paterpan. Massa menuntut Thamrin untuk ditindak secara hukum adat. FOTO HENDRY PRIE/KALTENG POS
PONTIANAK --  Ratusan masyarakat Dayak dari berbagai elemen mengecam Thamrin Amal Tomagola, guru besar dan Sosiolog Universitas Indonesia (UI) dengan menggelar unjuk rasa, Sabtu (8/1) pagi kemarin. Hal ini terkait pernyataan Thamrin saat menjadi saksi ahli video mesum yang diduga diperankan Ariel Peterpen.

Thamrin hadir dalam sidang Ariel, Kamis 3 Desember 2010. Seusai memberikan keterangan sebagai saksi ahli, kepada wartawan Thamrin menyatakan, video porno dengan pemeran mirip Ariel tidak meresahkan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Menurutnya, sebagian masyarakat Indonesia menganggap hal itu biasa, termasuk di suku Dayak.

Bahkan Thamrin mengungkapkan dari hasil penelitiannya, di suku Dayak bersenggama tanpa diikat  perkawinan oleh sejumlah masyarakat sana sudah dianggap biasa. Malah, hal itu dianggap sebagai pembelajaran seks.

Atas pernyataan Thamrin inilah sejumlah elemen masyarakat Dayak Kalbar bereaksi. Bahkan pada waktu yang sama unjuk rasa ini digelar juga digelar di Palangkaraya, Kalteng dan Hotel Indonesia, Jakarta.

PONTIANAK --  Ratusan masyarakat Dayak dari berbagai elemen mengecam Thamrin Amal Tomagola, guru besar dan Sosiolog Universitas Indonesia (UI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News