Warga Desa Tablolong Bersyukur Dapat Bantuan Air Bersih dari Pandawa Ganjar

Warga Desa Tablolong Bersyukur Dapat Bantuan Air Bersih dari Pandawa Ganjar
Pandawa Ganjar menyalurkan bantuan air bersih kepada warga di Kupang, NTT. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, KUPANG - Akses air bersih hingga saat ini masih menjadi persoalan utama bagi sejumlah warga di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selama periode Agustus 2020 hingga Agustus 2021, jumlah anak balita dan anak di NTT yang mengalami tengkes sebanyak 80.909 orang. Krisis air bersih dinilai menjadi penyebab utama masih tingginya angka tersebut.

Melihat kondisi ini, Pandawa Ganjar turut menghadirkan bantuan dengan menyediakan bantuan 5.000 liter air bersih di Desa Tablolong, Kabupaten Kupang, NTT, Sabtu (18/11).

Warga Desa Tablolong, Bernadet Sabtyani (29) mengatakan wilayahnya merupakan salah satu desa di NTT yang mengalami krisis air bersih sejak lama.

"NTT merupakan daerah yang sudah terkenal dengan kekeringannya, di sini cuma punya musim hujan selama 2 kali, karena jarang makannya terkadang kita kesulitan air bersih, bisanya mereka menggunakan air pam yang kebutuhannya pun kadang belum mencukupi," kata Berna.

Menurut Berna, kesulitan tersebut terkadang membuat warga menggunakan air yang ada. Namun hal tersebut justru akan mempengaruhi kualitas hidup masyarakat setempat.

"Terkadang para warga terpaksa untuk mandi menggunakan air asin dan itu kadang membuat kulit menjadi gatal karena saking sulitnya air bersih," kata dia.

Dengan kehadiran Pandawa Ganjar dalam menyediakan air beraih tersebut, Berna mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan tersebut karena akan berdampak untuk memperbaiki pemenuhan kualitas hidup warta setempat.

Sejumlah warga Desa Tablolong, Kupang, NTT bersyukur bisa mendapatkan bantuan air bersih dari sukarelawan Pandawa Ganjar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News