Warga Diteror, Petugas Bergerak

Warga Diteror, Petugas Bergerak
Tim Animal Rescue Banjarmasin saat menangkap ular yang masuk rumah warga. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin

jpnn.com, BANJARMASIN - BPBD Kota Banjarmasin pada musim hujan ini, tidak hanya siap siaga bencana, namun juga menangani binatang melata seperti ular yang memasuki rumah warga.

"Puluhan ular sudah kami tangkap karena meneror rumah warga," ungkap Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Banjarmasin Anwari di Banjarmasin, Kamis (31/12).

Sebagaimana diketahui, kata dia, pemerintah kota membentuk Tim Animal Rescue Banjarmasin, di dalamnya ada BPBD Kota Banjarmasin, dibantu Bidang Kesehatan Hewan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, BKSDA Provinsi Kalsel dan Polisi Hewan K-9 Polda Kalsel.

"Tim ini dibentuk karena setiap akhir tahun di musim penghujan banyak laporan warga terkait teror ular yang masuk ke rumah," ucapnya.

Dalam bulan-bulan musim penghujan ini, ungkap Anwari, tidak kurang dua aduan setiap harinya masuk ke Tim Animal Rescue Banjarmasin tentang teror ular kebanyakannya selain binatang lain yang juga membahayakan.

"Jadi setiap aduan warga terkait itu langsung kami turun ke lapangan," paparnya.

Bahkan sejauh ini, ungkap Anwari, untuk penanganan binatang melata seperti ular cobra dan ular piton lebih 20 ekor yang berhasil ditangkap.

"Bahkan sampai ada ular jenis cobra yang panjangnya lebih tiga meter kami tangkap di rumah warga," paparnya.

BPBD Banjarmasin pada musim hujan ini tidak hanya siap siaga bencana, namun juga menangani binatang melata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News