Warga Gunung Kidul Minta Hujan

Warga Gunung Kidul Minta Hujan
Warga Gunung Kidul Minta Hujan
GUNUNGKIDUL - Warga Gunung Kidul meminta hujan. Sejumlah desa menggelar shalat Istiqo, setelah wilayahnya mengalami kekeringan dalam beberapa bulan terakhir. "Kami memohon rezeki kepada Alloh SWT, berupa hujan," kata Imam dan khotib shalat Istiqo kepada wartawan, Paliyan, Gunung Kidul, Sabtu (19/12).

Kemarau panjang telah mengancam sejumlah wilayah tandus di Gunung Kidul. Ribuan hektar lahan pertanian terancam kering kerontang. Seperti diketahui, kemarau panjang tidak saja membuat gagal panen, tetapi juga bisa memacetkan roda perekonomian di wilayah setempat.

Pada hari yang bersamaan, puluhan warga Dusun Sumbermulya Desa Kepek bekerja bakti di sebuah sumber mata air di Kali Pancuran. Sebenarnya, ritual membersihkan sumber air ini dilakukan satu kali setahun dengan hari Jumat Legi. Namun karena warga sudah tak sabar ingin hujan, prosesi tahun ini terpaksa diajukan.

Kali Pancuran adalah sebuah sungai yang melintas di dusun itu, yang bermuara ke Pantai Selatan. Supardi, salah satu warga mengatakan, prosesi yang dilakukan warga dilakukan dengan membersihkan sekitar sumber mata air.

GUNUNGKIDUL - Warga Gunung Kidul meminta hujan. Sejumlah desa menggelar shalat Istiqo, setelah wilayahnya mengalami kekeringan dalam beberapa bulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News