Warga Jabar Harus Punya Identitas Lewat Gerakan Budaya

Warga Jabar Harus Punya Identitas Lewat Gerakan Budaya
Ridwan Kamil. Foto Instagram

jpnn.com, KARAWANG - Karawang memiliki Kampung Budaya, sayangnya masih tidak termanfaatkan dengan baik. Bahkan, ada 76 sarjana seni di Karawang.

Mengetahui potensi itu, kandidat Gubernur Jabar nomor urut 1, Ridwan Kamil menyatakan siap membangun infrastruktur kesenian dan kebudayaan di Karawang.

Untuk memelihara kebudayaan bisa dilakukan dengan menggelar festival budaya. Untuk infrastrukturnya dibuat padepokan seni dan budaya.

"Saya akan bantu fasilitasi dan buat festival itu menjadi daya tarik wisatawan," ujar walikota terbaik 2017 versi Kemendagri ini.

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini pun siap merenovasi situs sejarah di Karawang, seperti Tugu Proklamasi di Rengasdengklok.

"Saya sebagai pecinta sejarah, tanpa diminta pun Insha Alllah akan membawa perubahan (untuk tugu Proklamasi). Lima tahun jadi walikota, saya satu-satunya yang merenovasi penjara Bung Karno di Banceuy. Sekarang tempat itu menjadi sangat istimewa," tuturnya.

Menurut dia, kehadiran fasilitas seni, budaya, dan situs sejarah merupakan hal penting untuk menegaskan identitas Karawang.

"Warga Karawang tidak boleh kehilangan identitasnya di mata dunia," pesannya.

Ridwan Kamil menyatakan siap membangun infrastruktur kesenian dan kebudayaan di Karawang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News