Warga Jatim Perlu Tahu Penemuan Gunung Bawah Laut di Pacitan InI

Warga Jatim Perlu Tahu Penemuan Gunung Bawah Laut di Pacitan InI
Citra grafis gunung bawah laut yang ditemukan di Pacitan versi BIG. (ANTARA/HO-Badan Informasi Geospasial)

jpnn.com, PACITAN - Badan Informasi Geospasial (BIG) mengungkap hasil penelitian terhadap gunung bawah laut di Pacitan yang perlu diketahui warga Jawa Timur (Jatim).

BIG memastikan struktur gunung bawah laut di selatan Kabupaten Pacitan itu tidak menunjukkan tanda-tanda vulkanis, sehingga tidak masuk golongan gunung berapi.

"Tidak ada tanda-tanda vulkanis. Tidak ada tanda-tanda itu merupakan gunung berapi," ujar Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai BIG Yosef Dwi Sigit Purnomo di Pacitan, Selasa (28/2).

Yosef menyampaikan itu demi mengonfirmasi ulang pernyataan geolog ITS Prof Amin maupun peneliti utama BRIN Prof Heriadi.

Mereka sebelumnya menyatakan bahwa struktur menonjol di dasar Samudera Hindia di barat daya Kabupaten Pacitan itu sebagai penampakan topografi dasar laut.

Yosef menjelaskan adanya perubahan elevasi dasar laut yang ekstrem, sehingga menyerupai tonjolan besar laiknya sebuah gunung bawah laut.

Menurut dia, fenomena alam itu bisa terjadi karena adanya tumbukan dua lempeng bumi, yakni lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

Akibatnya, bagian lempeng yang lain terdorong ke atas hingga membentuk gunung. Proses pembentukannya dipastikan sudah dimulai sejak jutaan tahun lalu.

Badan Informasi Geospasial (BIG) ungkap hasil penelitian awal gunung bawah laut di Pacitan yang perlu diketahui warga Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News