JPNN.com

Warga Jepang Hadapi New Normal dengan Rasa Gentar

Rabu, 27 Mei 2020 – 06:00 WIB Warga Jepang Hadapi New Normal dengan Rasa Gentar - JPNN.com
Warga dengan masker pelindung di wajahnya berjalan di kawasan Stasiun Shinagawa saat jam sibuk pertama usai pemerintah Jepang mencabut status darurat nasional Virus Corona di Tokyo, Jepang, Selasa (26/5). Foto: ANTARA

jpnn.com, TOKYO - Warga Jepang Hadapi New Normal dengan Rasa Gentar
usai status darurat corona dicabut


Tokyo, 26/5 (ANTARA) -

Satu hari setelah Jepang mengakhiri status darurat, penduduk kota Tokyo kembali ke jalan-jalan dengan campuran rasa dan gentar, kala mereka bersiap untuk keadaan normal baru (new normal) hidup berdampingan dengan virus corona.

Perdana Menteri Shinzo Abe mencabut status darurat di Ibu Kota dan empat prefektur lain pada Senin (25/5), dan mengklaim kemenangan karena telah berhasil untuk menjaga angka infeksi relatif rendah, yakni sekitar 16.600 kasus.

"Saya ingin pergi minum dan mendatangi konser-konser," kata pekerja kantoran Daisuke Tominaga kepada Reuters di Shibuya yang merupakan salah satu area paling ramai di Tokyo.

Tak seperti pembatasan atau lockdown yang ketat di negara-negara lain, Jepang tidak mewajibkan usaha-usaha untuk tutup dan beberapa telah kembali buka bahkan sebelum status darurat dicabut.

Meski demikian, status tersebut resmi berakhir setelah sekitar tujuh minggu banyak orang kembali bekerja atau pergi keluar, sembari menerapkan pembatasan jarak sosial dan memakai masker.

Naoto Furuki (45) menyebut perjalanan paginya kini lebih ramai dari sebelumnya, dan hal tersebut membuat dia sedikit khawatir.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fajar