Warga Sumut Diminta Waspadai Hujan Lebat dan Potensi Banjir

Warga Sumut Diminta Waspadai Hujan Lebat dan Potensi Banjir
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir sebagai dampak hujan lebat yang terjadi di kawasan pegunungan dan lereng timur di Sumatera Utara. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir sebagai dampak hujan lebat yang terjadi di kawasan pegunungan dan lereng timur di Sumatera Utara.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Minggu (24/9).

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan banyak dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Humbang Hasudutan, dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Sementara pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Simalungun, Pematang Siantar, Asahan, Batubara, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Toba, Humbang Hasuduntan, Samosir, Tapanuli Tengah, dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Karo, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Simalungun, Pematang Siantar, Asahan, Batubara, Labuhan Batu Utara, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16 sampai 32 derajat Celsius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Timur - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km per jam. (antara/jpnn)


Menurut BMKG, siang dan sore hari berpotensi hujan di sebagian wilayah Sumatera Utara.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News