Warga Surabaya, Tunggu yah Wajah Baru KBS

Warga Surabaya, Tunggu yah Wajah Baru KBS
Kebun Binatang Surabaya. Foto: dok JPG

jpnn.com - SURABAYA - Kebun Binatang Surabaya (KBS) sudah berusia satu abad. Karena itu perlu perubahan tampilannya.

Kini KBS bakal memiliki dua hal baru sebagai perubahan wujudnya. Pertama, direktur utama (Dirut) anyar. Kedua, lansekap yang berganti.

KBS bakal dirancang menghadap ke Jalan Wonokromo plus dilengkapi plaza dan underpass yang tersambung ke Terminal Joyoboyo.

Wajah baru bonbin itu kemarin (7/10) mulai dirapatkan. Pemkot, manajemen Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS), dan PT KAI mulai rapat serta mengecek lokasi.

 Kepala Dinas Pertanian Joestamadji menyatakan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memerintahkan agar pengembangan KBS terkoneksi dengan Terminal Joyoboyo serta rencana moda transportasi masal.

''Oleh karena itu, wajah KBS akan diubah. Tak lagi menghadap Jalan Setail, tapi langsung ke Jalan Raya Wonokromo,'' ujar Joestamadji.

Mengapa menghadap Wonokromo? Sebab, ke depannya ada selter untuk angkutan masal di seberang KBS sisi Wonokromo. Bisa berupa monorel atau trem.

Nah, agar pengunjung gampang masuk KBS, pemkot menyiapkan underpass. Ruang bawah tanah itu membentang dari park and ride di Terminal Joyoboyo ke pintu di sisi selatan kompleks KBS.

Park and ride itu bakal menjadi lokasi parkir utama KBS.

Pengunjung yang keluar dari underpass nantinya langsung diarahkan ke plaza.

''Jadi, mereka tidak berjubel di pedestrian seperti di loket yang ada saat ini,'' kata Zaky Umara.

Zaky adalah arsitek dari Sahabat KBS yang dilibatkan dalam revitalisasi bonbin.

Plaza tersebut merupakan space yang disediakan sebagai area komersial KBS. Konsepnya toko-toko kecil seperti di underpass antara terminal dan Blok M Square di Jakarta Selatan.

 ''Harapannya, dari aspek ekonomi, toko-toko itu bisa menambah pendapatan KBS,'' jelas pria lulusan ITS tersebut.

Lahan yang disiapkan sebagai plaza kemarin masih diukur. Jadi, titiknya masih belum fixed. Ada dua kemungkinan penempatan plaza.

SURABAYA - Kebun Binatang Surabaya (KBS) sudah berusia satu abad. Karena itu perlu perubahan tampilannya. Kini KBS bakal memiliki dua hal baru sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News