JPNN.com

Warna Cahaya Lampu yang Baik untuk Tidur

Jumat, 27 Desember 2019 – 23:25 WIB Warna Cahaya Lampu yang Baik untuk Tidur - JPNN.com

jpnn.com - Karena tak bisa tidur dalam keadaan gelap gulita atau takut gelap, banyak orang yang mengandalkan penggunaan lampu tidur dengan cahaya redup.

Ternyata, salah pilih warna bola lampu, kualitas tidur bisa terganggu. Yuk, ketahui warna cahaya lampu yang baik untuk tidur.

Ada sebuah penelitian yang berusaha menelaah topik tersebut. Penelitian ini berangkat dari cahaya biru dari gawai dikatakan dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Nah, peneliti dari Universitas Manchester, Inggris, mengatakan, cahaya biru dari gawai bukan masalah utamanya, melainkan seberapa hangat dan terang cahaya yang dihasilkan.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki siklus tidur alaminya masing-masing. Jam biologis tersebut selaras dengan lingkungan seseorang tinggal—bangun saat terang dan tidur saat gelap.

Namun, banyak ahli yang sudah lama mencurigai paparan cahaya artifisial dapat mengganggu siklus tersebut. Lalu, banyak pula ahli yang mengatakan bahwa cahaya artifisial berwarna biru (blue light), yang terpancar dari perangkat elektronik, memiliki efek paling kuat.

Dari situ, peneliti mengetes paparan cahaya biru ke tikus putih kecil. Penelitian tersebut sengaja, mengubah tingkat kecerahan (brightness) ke tinggi atau rendah, dan mengganti warna cahaya dari biru ke kuning.

Konsepnya adalah menyesuaikan warna dengan cahaya alami di lingkungan luar.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...